Dalam hal membuat advertorial perlu adanya
tatanan yang tepat dalam penulisannya. Untuk itu harus memperhatikan struktur
penulisan advertorial supaya advertorial menjadi tepat dan sesuai. Berikut
merupakan ulasan mengenai struktur penulisan advertorial.
STRUKTUR PENULISAN
ADVERTORIAL
• Sistem
5W + 1H:
a. What,
informasi tentang apa
b. Where,
dimana tempatnya
c. When,
mengenai kapan waktunya
d. Who,
tokoh yang menjadi berita
e. Why,
mengungkap mengapa
f. How,
menjelaskan tentang bagaimana
• Pembuka
(intro), pada
bag. pembuka advertorial mempunayi fungsi menarik perhatian pembaca terhadap
artikel tersebut. Penulisan intro dapat menggunakan gaya bahasa: naratif,
deskriptif, kutipan ataupun sapaan kepada khalayak.
• Isi
(batang tubuh), berisi
tentang penjelasan secara mendetail informasi yang ingin disampaikan kepada
khalayak melalui advertorial.
• Penutup,
berupa klimak dari advertorial tersebut. Klimak dapat berupa kejutan, pertanyaan ataupun kesimpulan.
• Format:
a. Piramida:
diawali dari yang tidak penting
b. Kronologis:
berdasarkan urutan waktu
c. Piramida
terbalik: diawali dari yang terpenting
Semoga bermanfaat! Amin.. ^-^
Komentar
Posting Komentar