Hai sobat-sobatku, lama banget nih ngga nge-blog. Yah, apalagi
kalo bukan karena sibuk dan males.. hehe.. :D Oke, kali ini saya akan membahas
mengenai Advertising Brief nih, dimana materi ini saya peroleh dari hasil perkuliahan mata kuliah
Penulisan Naskah Iklan. Langsung saja, cekidot!
ADVERTISING BRIEF
Client Brief
Brief Klien berupa data
mentah yang masih harus diolah yang didapat dari informasi klien hasil
pertemuan/wawancara dengan Account Executive terkait dengan hal-hal
sebagai berikut:
1. Brand and Produk
Knowledge
- Strategi produk ada perubahan atau tidak dari yang telah ada
- Informasi bentuk fisik dan non fisik produk
- Feature dan benefit produk
- Diferensiasi,USP produk dari kompetitor
2. Harga
Strategi penetapan harga
produk
3. Distribusi/Tempat
Strategi distribusi
produk dari produsen ke konsumen. Penetapan lokasi daerah pemasaran
4. Promotion (Promotion Mix)
Informasi tentang bentuk
dan strategi promosi serta media yang telah dilakukan perusahaan.
Aktivitas
(brandactivation) dalam rangka promosi dapat berupa: periklanan, public
relations,direct marketing,personal selling, sales promotion baik secara
sendiri atau kombinasi (mix).
5. Target Market dan Target Audience
Uraian tentang TM/TA berdasarkan :
- Demografi (kondisi biologis dan status sosial)
- Psikografi (gaya hidup - kesamaan hobi dll)
- Behavioral (tingkat loyalitas dan pemakaian merek)
6. Competitor
Competitor
atau biasa disebut dengan pesaing, yaitu usaha/produk yang sejenis dengan milik
orang lain.
7. Problem Marketing (permasalahan pemasaran)
Gambaran permasalahan
pemasaran dari berbagai aspek produk dan lingkungan pasar.
8. Marketing Objective (tujuan pemasaran)
Mencapaian yang
diharapkan dapat diraih dari pemasaran produk dalam periode tertentu.
9. Mandatory dan Date Line
Hal-hal yang diwajibkan
klien ada dalam suatu iklan dan jadwal penyelesaian.
Product Brief
Adalah semua info yang
dapat dihimpun yang berkaitan dengan produk atau jasa yang akan dipromosikan.
Dapat diperoleh dari riset, data produk dalam sebuah perusahaan, hasil
penelitian, dan lain sebagainya.
Contoh Isi Product
Brief
CLIENT :
PRODUCT :
PROJECT :
DATE :
BACKGROUND :
CAMPAIGN
OBJECTIVE
Adalah tujuan dari
promosi/campaign
TARGET
AUDIENCE
Sex
: pria/wanita?
Age
: di usia berapa?
S.E.S
: Social Economic Status
Demography
: Tempat tinggal/daerah
domisili
REASON
TO BELIEVE
Apa yang menjadi
keunikan pada produk/jasa yang dapat dipercaya sebagai nilai
jual bagi konsumen
Contoh Isi Product
Brief
STRATEGI KOMUNIKASI
Bagaimana
cara mengkomunikasikan sebuah ide yang harus disampaikan kepada
konsumen
TOOLS
Output yang diinginkan
untuk dibuat
Brosur
(15 X 22 Cm)
Print
Ad
X-Banner
(60 X 160 Cm)
TONE
& MANNER
Nuansa yang akan
membungkus komunikasi
DEADLINE
(Tenggat
waktu pembuatan materi komunikasi)
Review
Presentasi
Klien
Creative Brief
•
Klien :
•
Produk :
•
Brand :
•
Task Agency :
•
Team :
•
Deadline :
1. Analisis Situasional (Key Fact)
Pengumpulan data yang
didapat dari hasil observasi, wawancara, questioner, majalah, koran dan sumber
lainnya selanjutnya dianalisis.
a. Profil perusahaan dan masalah pemasaranya
b. Analisis kondisi tingkat persaingan, serta posisi daur hidup
produk
c. Analisis strategi pemasaran (4P - product, price, promotion,
place)
d. Analisis pegaruh politik, ekonomi, sosial-budaya (perilaku
konsumen) dan teknologi terhadap produk
e. SWOT Produk; analisis tentang kekuatan-kelemahan dan
peluang-tantangan
2. Tujuan Pemasaran (marketing objective)
Tujuan pemasaran harus
terukur sehingga kampanye periklanan dapat dievaluasi berdasarkan latar
belakang masalah yang ada.
Berapa % kenaikan pangsa
pasar yang ingin dicapai selama masa periode program kampanye.
3. Permasalahan Periklanan (advertising problem)
4. Tujuan Periklanan (objective
advertising)
Uraikan tentang tujuan
periklanan yang hendak dicapai (menginformasikan, membujuk, mengingatkan)
5. Target Audience dan insight Consumer
6. Positioning (promise/janji)
7. Brand Character
(character merek/produk)
8. Competitor (ulasan
strategy periklanan pesaing)
9. Key Message (Big
Idea / tema sentral iklan)
10. Tone and Manner Communication
(Nuansa
dan gaya)
11. Mandatory (hal yang
harus ada dalam iklan)
- Creative Brief yang dibuat account executive harus dapat menginspirasi kelompok kreatif dalam merancang strategi periklanan yang efektif.
- Creative Brief yang baik harus ditunjang hasil Riset dan analisis situasi yang akurat terhadap situasi internal maupun eksternal pemasaran dan produk.
- Strategi pesan periklanan harus mengacu kepada tujuan dan target audience serta pemilihan media yang tepat.
Media Brief
1. Sasaran/strategi
pemasaran
2. Keterangan
tentang produk
3. Khalayak
sasaran
4. Geografi
5. Penjualan
dan penggunaan
6. Waktu
kampanye/periode beriklan
7. Jenis
kampanye
8. Anggaran
9. Pendekatan/pertimbangan
kreatif
10. Riset
pasar & hasil usaha
11. Materi
Iklan
12. Pertimbangan/batasan
lainnya
Tetapi… (Nah, ada
tapi-nya nih.. Ada apa gerangan? Mari kita simak! Cekidot~)
- Tidak semua klien memahami dan memiliki product brief yang baik.
- Ada klien yang hanya memberikan info berupa bahan mentah bahkan secara lisan saja.
- Menjadi tugas klien service dan strategic planner untuk meramu berbagai info yang diterima dari klien menjadi brief yang inspiring bagi divisi kreatif dan media.
Semoga bermanfaat.. Amin.. ^_^
Komentar
Posting Komentar