Langsung ke konten utama

ADVERTISING BRIEF : Sekilas Tentang Periklanan

Hai sobat-sobatku, lama banget nih ngga nge-blog. Yah, apalagi kalo bukan karena sibuk dan males.. hehe.. :D Oke, kali ini saya akan membahas mengenai Advertising Brief nih, dimana materi ini saya peroleh dari hasil perkuliahan mata kuliah Penulisan Naskah Iklan. Langsung saja, cekidot!

ADVERTISING BRIEF
Client Brief
Brief Klien berupa data mentah yang masih harus diolah yang didapat dari informasi klien hasil pertemuan/wawancara dengan Account Executive terkait dengan hal-hal sebagai berikut:
1. Brand and Produk Knowledge
  •          Strategi produk ada perubahan atau tidak dari yang telah ada
  •          Informasi bentuk fisik dan non fisik produk
  •          Feature dan benefit produk
  •         Diferensiasi,USP produk dari kompetitor
2. Harga
Strategi penetapan harga produk
3. Distribusi/Tempat
Strategi distribusi produk dari produsen ke konsumen. Penetapan lokasi daerah pemasaran
4. Promotion (Promotion Mix)
Informasi tentang bentuk dan strategi promosi serta media yang telah dilakukan perusahaan.
Aktivitas (brandactivation) dalam rangka promosi dapat berupa: periklanan, public relations,direct marketing,personal selling, sales promotion baik secara sendiri atau kombinasi (mix).
5. Target Market dan Target Audience
Uraian tentang TM/TA berdasarkan :
- Demografi (kondisi biologis dan status sosial)
- Psikografi (gaya hidup - kesamaan hobi dll)
- Behavioral (tingkat loyalitas dan pemakaian merek)
6. Competitor
Competitor atau biasa disebut dengan pesaing, yaitu usaha/produk yang sejenis dengan milik orang lain.
7. Problem Marketing (permasalahan pemasaran)
Gambaran permasalahan pemasaran dari berbagai aspek produk dan lingkungan pasar.
8. Marketing Objective (tujuan pemasaran)
Mencapaian yang diharapkan dapat diraih dari pemasaran produk dalam periode tertentu.
9. Mandatory dan Date Line
Hal-hal yang diwajibkan klien ada dalam suatu iklan dan jadwal penyelesaian.
Product Brief
Adalah semua info yang dapat dihimpun yang berkaitan dengan produk atau jasa yang akan dipromosikan. Dapat diperoleh dari riset, data produk dalam sebuah perusahaan, hasil penelitian, dan lain sebagainya.
Contoh Isi Product Brief
CLIENT                     :
PRODUCT                :
PROJECT                 :
DATE                        :
BACKGROUND       :
CAMPAIGN OBJECTIVE
Adalah tujuan dari promosi/campaign
TARGET AUDIENCE        
Sex                 : pria/wanita?
Age                 : di usia berapa?
S.E.S              : Social Economic Status
Demography   : Tempat tinggal/daerah domisili
REASON TO BELIEVE     
Apa yang menjadi keunikan pada produk/jasa yang dapat dipercaya sebagai nilai
jual bagi konsumen
Contoh Isi Product Brief
STRATEGI KOMUNIKASI
Bagaimana cara mengkomunikasikan sebuah ide yang harus disampaikan kepada
konsumen
TOOLS
Output yang diinginkan untuk dibuat
Brosur (15 X 22 Cm)
Print Ad
X-Banner (60 X 160 Cm)
TONE & MANNER
Nuansa yang akan membungkus komunikasi
DEADLINE
(Tenggat waktu pembuatan materi komunikasi)
Review          
Presentasi Klien
Creative Brief
        Klien                   :
        Produk               :
        Brand                 :
        Task Agency     :
        Team                  :
        Deadline            :
1.  Analisis Situasional (Key Fact)
Pengumpulan data yang didapat dari hasil observasi, wawancara, questioner, majalah, koran dan sumber lainnya selanjutnya dianalisis.
a.    Profil perusahaan dan masalah pemasaranya
b.    Analisis kondisi tingkat persaingan, serta posisi daur hidup produk
c.    Analisis strategi pemasaran (4P - product, price, promotion, place)
d.    Analisis pegaruh politik, ekonomi, sosial-budaya (perilaku konsumen) dan teknologi terhadap produk
e.    SWOT Produk; analisis tentang kekuatan-kelemahan dan peluang-tantangan
2. Tujuan Pemasaran (marketing objective)
Tujuan pemasaran harus terukur sehingga kampanye periklanan dapat dievaluasi berdasarkan latar belakang masalah yang ada.
Berapa % kenaikan pangsa pasar yang ingin dicapai selama masa periode program kampanye.
3. Permasalahan Periklanan (advertising problem)
4. Tujuan Periklanan (objective advertising)
Uraikan tentang tujuan periklanan yang hendak dicapai (menginformasikan, membujuk, mengingatkan)
5. Target Audience dan insight Consumer
6. Positioning (promise/janji)
7. Brand Character (character merek/produk)
8. Competitor (ulasan strategy periklanan pesaing)
9. Key Message (Big Idea / tema sentral iklan)
10. Tone and Manner Communication  (Nuansa dan gaya)
11. Mandatory (hal yang harus ada dalam iklan) 
  • Creative Brief yang dibuat account executive harus dapat menginspirasi kelompok kreatif dalam merancang strategi periklanan yang efektif.  
  • Creative Brief yang baik harus ditunjang hasil Riset dan analisis situasi yang akurat terhadap situasi internal maupun eksternal pemasaran dan produk. 
  •  Strategi pesan periklanan harus mengacu kepada tujuan dan target audience serta pemilihan media yang tepat.
Media Brief
1.    Sasaran/strategi pemasaran
2.    Keterangan tentang produk
3.    Khalayak sasaran
4.    Geografi
5.    Penjualan dan penggunaan
6.    Waktu kampanye/periode beriklan
7.    Jenis kampanye
8.    Anggaran
9.    Pendekatan/pertimbangan kreatif
10. Riset pasar & hasil usaha
11. Materi Iklan
12. Pertimbangan/batasan lainnya
      Tetapi (Nah, ada tapi-nya nih.. Ada apa gerangan? Mari kita simak! Cekidot~) 
  • Tidak semua klien memahami dan memiliki product brief yang baik. 
  • Ada klien yang hanya memberikan info berupa bahan mentah bahkan secara lisan saja.
  • Menjadi tugas klien service dan strategic planner untuk meramu berbagai info yang diterima dari klien menjadi brief yang inspiring bagi divisi kreatif dan media. 
Semoga bermanfaat.. Amin.. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR PENULISAN ADVERTORIAL

Dalam hal membuat advertorial perlu adanya tatanan yang tepat dalam penulisannya. Untuk itu harus memperhatikan struktur penulisan advertorial supaya advertorial menjadi tepat dan sesuai. Berikut merupakan ulasan mengenai struktur penulisan advertorial. STRUKTUR PENULISAN ADVERTORIAL •       Sistem 5W + 1H : a.     What , informasi tentang apa b.     Where , dimana tempatnya c.     When , mengenai kapan waktunya d.     Who , tokoh yang menjadi berita e.     Why , mengungkap mengapa f.       How , menjelaskan tentang bagaimana •    Pembuka (intro) , pada bag. pembuka advertorial mempunayi fungsi menarik perhatian pembaca terhadap artikel tersebut. Penulisan intro dapat menggunakan gaya bahasa: naratif, deskriptif, kutipan ataupun sapaan kepada khalayak. •       Isi (batang tubuh) , berisi tentang penjelas...

[PUISI CINTA] Cahaya Harapan

" Cahaya Harapan " Oleh: Setia Rahayu Kau bagaikan mentari yang terbit dikala fajar Memancarkan cahaya pertama untuk menerangi dunia ku Kau laksana embun pagi yang bersinar bening Memberikan kecerahan saat berselimut kabut Kau berikan ku harapan yang nyata Hingga semangat ku bangkit Menengadah untuk melihat Dan melompat untuk meraih mu Semakin dekat, semakin jelas Semakin besar pula tekat ku Kau adalah cahaya yang memberiku harapan Harapan yang menunjukkan titik terang dalam meraih bintang yang jatuh saat langit berlabuh dalam balutan biru tua