Langsung ke konten utama

GAYA ADVERTORIAL

Halo teman-teman! Jumpa lagi dengan saya dalam Setiapedia (wkwk.. kayak siaran TV anak-anak aja :D Ok, lupakan!) Berbicara mengenai gaya tentu kita berfikir tentang sesuatu. Ada yang berpikir tentang gaya busana, gaya rambut, gaya bicara, gaya bahasa dan dan lain-lain. Nah, teman-teman sendiri apakah ada yang berfikir tentang gaya advertorial ? Ternyata, advertorial yang masuk dalam lingkup periklanan juga memiliki gaya lho.. Berikut merupakan uraian tentang gaya advertorial.

GAYA ADVERTORIAL 
  • INFORMATIF: bersifat memperkenalkan produk, kegiatan yang ditawarkan. Kepada masyarakat.
  • EKSPLANATIF: bersifat menjelaskan dan menguraikan tentang produk dan jasa secara langsung.
  • PERSUASIF: membujuk khalayak agar mau mengikuti apa yang dikehendaki oleh perusahaan.
  • INFLUENTIF: bersifat mendorong adanya aksi dari khalayak untuk melakukan tindakan.
  • MEMUJI: memberi pujian atas informasi yang diberikan agar khalayak jadi tertarik pada produk.
  • ARGUMENTATIF: membuktikan sesuau dengan pemberian argumen dan uraian-uraian analitis. 
  • EKSPLORATIF: menjelaskan secara mendalam informasi tentang produk kepada khalayak, gaya ini lebih menekankan untuk menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana?
Itulah uraian tentang gaya advertorial. Teman-teman sekarang jadi tahu kalau advertorial juga punya gaya. Hehe ^-^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADVERTISING BRIEF : Sekilas Tentang Periklanan

Hai sobat-sobatku, lama banget nih ngga nge-blog. Yah, apalagi kalo bukan karena sibuk dan males.. hehe.. :D Oke, kali ini saya akan membahas mengenai Advertising Brief nih, dimana materi ini saya peroleh dari hasil perkuliahan mata kuliah Penulisan Naskah Iklan. Langsung saja, cekidot! ADVERTISING BRIEF Client Brief Brief Klien berupa data mentah yang masih harus diolah yang didapat dari informasi klien hasil pertemuan/wawancara dengan Account Executive terkait dengan hal-hal sebagai berikut: 1. Brand and Produk Knowledge          Strategi produk ada perubahan atau tidak dari yang telah ada          Informasi bentuk fisik dan non fisik produk          Feature dan benefit produk         Diferensiasi,USP produk dari kompetitor 2. Harga Strategi penetapan harga produk 3. Distribusi/Tempat Strategi distr...

STRUKTUR PENULISAN ADVERTORIAL

Dalam hal membuat advertorial perlu adanya tatanan yang tepat dalam penulisannya. Untuk itu harus memperhatikan struktur penulisan advertorial supaya advertorial menjadi tepat dan sesuai. Berikut merupakan ulasan mengenai struktur penulisan advertorial. STRUKTUR PENULISAN ADVERTORIAL •       Sistem 5W + 1H : a.     What , informasi tentang apa b.     Where , dimana tempatnya c.     When , mengenai kapan waktunya d.     Who , tokoh yang menjadi berita e.     Why , mengungkap mengapa f.       How , menjelaskan tentang bagaimana •    Pembuka (intro) , pada bag. pembuka advertorial mempunayi fungsi menarik perhatian pembaca terhadap artikel tersebut. Penulisan intro dapat menggunakan gaya bahasa: naratif, deskriptif, kutipan ataupun sapaan kepada khalayak. •       Isi (batang tubuh) , berisi tentang penjelas...

[PUISI CINTA] Cahaya Harapan

" Cahaya Harapan " Oleh: Setia Rahayu Kau bagaikan mentari yang terbit dikala fajar Memancarkan cahaya pertama untuk menerangi dunia ku Kau laksana embun pagi yang bersinar bening Memberikan kecerahan saat berselimut kabut Kau berikan ku harapan yang nyata Hingga semangat ku bangkit Menengadah untuk melihat Dan melompat untuk meraih mu Semakin dekat, semakin jelas Semakin besar pula tekat ku Kau adalah cahaya yang memberiku harapan Harapan yang menunjukkan titik terang dalam meraih bintang yang jatuh saat langit berlabuh dalam balutan biru tua